Jumat, 08 Juli 2011

PAKAN

Kelinci sering dikenal sebagai hewan yang senang memakan wortel dan kangkung, tapi pada kenyataannya bila kita memberikan makanan jenis sayur-sayuran yang terlalu banyak dapat mengakibatkan kelinci mecret bahkan kembung.

Jadi pada intinya kebutuhan kelinci akan sayuran yang mengandung banyak vitamin ini haruslah seimbang.

Tidak terlalu banyak, dan tidak juga terlalu sedikit.

Keuntungan bila kelinci kita mengkonsumsi sayuran dalam porsi yang benar tentunya kesehatan kelinci dan produktifitas kelinci menjadi sangat baik. Untuk kelinci berbulu lebat seperti anggora pun bila diberi pakan sayuran dengan komposisi yang pas maka bulunya akan menjadi lebih bagus dan resiko kerontokan dapat diminimalisir.

Dalam pemberian sayuran untuk kelinci, sebaiknya diberikan sewaktu-waktu saja agar kelinci tidak kelebihan vitamin bahkan sampai tidak mendapatkan asupan vitamin sama sekali.

Bila kita ingin memberikan kelinci kita sayuran kangkung misalnya, lebih baik kangkung diberikan cukup 1x saja dalm satu minggu, karena kandungan air dalam kangkung tergolong besar dan dapat membuat kelinci menjadi mencret.

Begitu juga untuk pemberian wortel, jagung, sosin, dll. Lebih baik diberikan sesekali saja namun untuk sayuran yang kadar airnya lebih rendah intensitas pemberian pakannya dapat ditingkatkan, seperti 3x dalam 1 minggu. Tetapi jumlah yang diberikannya pun tidak terlalu banyak, disesuaikan dengan ukuran kelinci.

Pemberian pelet juga dapat berperan penting dalam pertumbuhan kelinci, pelet memberikan daya tahan yang lebih dibandingkan kelinci yang hanya diberi pakan rumput.

Kelinci yang terbiasa diberi pakan pelet pun memiliki kecenderungan lebih sehat dan jarang terkena mencret selama takaran atau porsi makannya sesuai dengan kebutuhan kelinci. Tetapi bila kita terlalu banyak memberikan pakan pelet ini dalam jumlah berlebih bisa mengakibatkan kelinci menjadi sakit mencret terutama untuk kelinci anakan yang baru berumur >30 hari.

Pakan yang paling baik menurut saya sebagai pelaku tenak kelinci kecil-kecilan ini adalah daun pisang, karena serat yang dikandung oleh daun pisang ini sangat sesuai dengan kebutuhan kelinci, kelinci pun menjadi tidak mudak sakit dan pertumbuhan bulunya pun menjadi lebih baik.

Lalu bila ingin menggemukan kelinci anda ada pakan yang murah namun efeknya dapat terliahat jelas oleh kita. Yaitu memberikan kelinci kita ampas tahu, dengan ampas tahu, kelinci kita pertumbuhan serta berat badannya dapat bertambah dengan cepat.

Pakan ini cocok bila diberikan untuk kelinci pedaging yang akan dikonsumsi.

Tetapi yang perlu diperhatikan dalam memberikan ampas tahu ini, yaitu kadar air, lebih baik kita memeras ampas tahu terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kelinci. Tujuannya menjaga kebutuhan air kelinci agar tidak berlebih, karena bila berlebih kelinci kita akan menjadi mencret.

Jadi,kesimpulannya pakan yang baik diberikan untuk kelinci bukan berdasarkan banyak atau sedikitnya pakan yang kita berikan, bukan berdasarkan merk luar negrinya. Tapi pakan yang baik adalah pakan yang sesuai dengan keperluan kelinci kita dengan jumlah yang disesuaikan pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar